Kebutuhan Makanan Kucing berdasarkan Umur

Posted on

Memberi makan kucing tidak boleh sembarangan,kita harus tahu kadar-kadarnya dan bagaimana memberi sesuai dengan kaidahnya,berikut penjelasannya..

1. Untuk Anak kucing berusia kurangdari 1 tahun (kitten).

Anak kucing dapat diberi makan ketika 3-4 minggu,berikan makanan yang halus seperti makanan yang telah dihancurkan terlebih dahulu atau dihaluskan dengan air hangat.Anda dapat mencampurkan makanan dengan air.
Sampai dengan umur 2-3 bulan jumlah/proporsi air dalam makanan bisa dikurangi secara bertahap hingga kucing bisa makan, makanan kering sepenuhnya.

2. Untuk Kucing dewasa > 1 tahun (adult)

Kucing dewasa dengan berat sekitar 4-5 kg setidaknya membutuhkan energi dari makanan sebesar 300 kalori. Berikan makanan dengan nutrisi cukup dan seimbang, biasanya terdapat tulisan Complete atau Balanced pada kemasan makanan. Usahakan kucing tidak fanatik/diberi makanan dengan merek yang sama terus menerus. Sekali-sekali perlu pergantian merek makanan agar pencernaannya terlatih terhadap berbagai jenis makanan. Perhatikan juga pH dan kandungan mineral makananagar terhindar dari gangguan saluran kencing.

3. Untuk Kucing bunting/hamil & menyusui

Berikan suplemen untuk kalsium dan makanan untuk kitten.Karena untuk hamil,membutuhkan makanan yang bergizi lebih.

Hitungan jumlah makanan

Biasanya setiap hari kucing makan sekitar 2% dari berat badannya. Jadi bila berat kucing 5 kg, makanan yang diperlukan sekitar 2% x 5 kg = 100 gr, berarti sekitar 100 gr/hari.

Baca Juga  Makanan yang Paling disukai Kucing Anggora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *