Istilah Warna Kucing dan Variasinya

Posted on

Istilah Warna Kucing dan Variasinya, dengan segala keunikan dan keindahannya ternyata mempunyai berbagai macam istilah serta pola warna tertentu. Bagi orang awam, beragam warna bulu pada kucing mungkin secara sekilas tidak lebih dari warna-warna umumnya yang mudah dikenali misalnya putih, abu-abu, kuning dan hitam. Kalaupun ada corak tambahan biasanya cuma ditambah kata belang atau loreng. Faktanya ada banyak kombinasi warna dan pola warna bulunya. Warna membingungkan adalah sama pada ras tertentu mempunyai sebutan yang berbeda. Contohnya warna hitam (black) pada ras siamese dan persian himalayan disebut seal. Sedangkan pada ras oriental disebut ebony.

Setiap organisasi atau klub besar penggemar kucing di dunia, mempunyai standar dan ketentuan yang tidak sama mengenai istilah dan warna kucing. Mungkin saja warna yang sama mempunyai sebutan yang berbeda disetiap organisasi. Bahasa Indonesia mempunyai keterbatasan dalam mengenali dan menyebut banyak warna. Terbanyak adalah 2 macam variasi warna cokelat, yakni cokelat muda dan cokelat tua. Perlu diketahui, istilah dalam berbagai jenis jika diterjemah ke bahasa Indonesia, artinya menjadi jauh berbeda. Kayak warna RedÂ, bukanlah warna merah sebenarnya, tetapi cenderung ke kuning tua atau merah bata. Dalam dunia perkucingan, warna abu-abu disebut blue. Oleh sebab itu itu untuk selanjutnya berbagai istilah warna pada postingan kali ini, tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tetapi tetap menggunakan istilah aslinya.

Warna dasar kucing sebenarnya ada empat, yaitu: black (hitam), chocolate (cokelat), Red (Kuning tua) dan white (putih). Berbagai warna turunan dari warna dasar berupa blue (abu-abu), Lilac (coklat muda), Fawn ( lebih muda dari lilac) dan cream (krem).

Terdapat bermacam-macam bentuk kombinasi dari 8 warna dasar tersebut. Setiap kombinasi warna membentuk corak tertentu. Untuk mempermudah dalam mengenal dan memahami istilah-istilah dasar dalam penyebutan warna kucing dan pola bulu, kurang lebih berikut penjelasannya:

  • Bi-color (magpie) merupakan sebutan untuk yang memiliki 2 warna bulu, dengan salah satu warna bulunya ialah putih. Untuk kucing yang dilombakan atau kontes, ragam warna tersebut haruslah terbagi secara merata.
  • Brindled biasaya digunakan untuk menyebut mereka yang memiliki warna bulu tortoiseshell yang campuran.
  • Calico ialah sebutan untuk belang tiga. Dimana warna dominannya adalah putih dan batas-batas antara warna yang satu dengan yang lainnya jelas.
  • Calamanco atau calimanco, adalah istilah yang digunakan oleh orang Amerika Utara kuno untuk menyebut tortoiseshell berbulu pendek.
  • Warna Van/Van Bicolor, adalah sebutan untuk yang memiliki warna dominan putih dengan sedikit warna lain di ekor diantara telinganya.
  • Harlequin, merupakan kucing dengan pola Van/Van Bicolor sedikit bercak (kalau bisa sedikit mungkin bercaknya) yang warnanya sama dengan warna selain putih yang ada di tubuh dan kaki.
  • Maltese yaitu sebutan untuk yang memiliki warna bayangan atau dilusi. Contohnya dilusi untuk warna hitam adalah cokelat, dilusi untuk warna merah bata adalah krem atau abu-abu.
  • Pointed adalah sebutan pola warna kucing siam atau terkadang disebut juga pola warna kucing persia himalayan, yaitu warna pada kaki, ekor dan telinga lebih gelap daripada warna bulu tubuhnya.
  • Solid merupakan sebutan untuk yang hanya mempunyai satu pola warna bulu saja.
  • Tabby merupakan sebutan untuk bulu dengan pola loreng yang tidak beraturan.
  • Torbico merupakan sebutan untuk yang memiliki pola warna tabby-tortoiseshell ditambah putih.
  • Pied yaitu merupakan pola warna bulu berpola sembur tidak merata seperti seolah-oleh tersiram cat.
  • Parti-colour yaitu sebutan warna kucing calico dengan pola bercak-bercak pada 1/3 tubuhnya.
Baca Juga  Harga Kucing Persia dan Anggora

Banyak sekali istilah-istilah warna kucing dan variasinya. Karena dalam penyebutan warna dan pola bulu yang jika akan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tidak didapatkan padanannya. Untuk itu, banyak penyebutan istilah-istilah tersebut sesuai bahasa aslinya yaitu bahasa Inggris. Akan tetapi dengan penyebutan yang semacam itu, terasa cukup sulit dimengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *