Hal-Hal apa saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengadopsi Kucing

Posted on

Memiliki kucing telah terbukti secara medis dapat menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah. Membawa pulang kucing baru bisa menjadi hal yang menyenangkan, tetapi dalam memilih pilihan kucing, Anda harus berhati-hati untuk memastikan Anda mendapatkan kucing yang cocok untuk Anda. Apakah Anda ingin mengadopsi kucing dari peternak, toko hewan peliharaan atau masyarakat, Anda mesti menyadari hal-hal berikut untuk membantu menghindari masalah pada binatang peliharaan baru Anda di kemudian hari.

1. Pastikan bahwa pendirian anda telah bulat untuk menangani dan memelihara kucing sebelum membawanya pulang.

2. Jangan memilih kucing hanya karena penampilannya saja. Sama seperti manusia, kucing tidak boleh dinilai oleh kecantikan luar saja. Aspek paling penting memiliki kucing adalah inner beauty mereka.

3. Pilih ras kucing yang cocok untuk Anda. Hampir semua ras kucing memiliki kemiripan dari temperamennya. Beberapa kucing ada yang ramah dan beberapa kucing ada yang suka air, tapi kebanyakan orang akan cocok dengan kucing ras apapun.

4. Pertimbangkan panjang bulu kucing. Seekor kucing yang berbulu pendek atau berbulu sedang merupakan kucing terbaik bagi sebagian orang. Jika suka kucing yang berbulu panjang, mungkin bisa memilih Persia. Seekor kucing yang berbulu pendek pada dasarnya membutuhkan perawatan yang tidak ribet, hanya perlu disikat setiap beberapa hari untuk menjaga kebersihan bulunya. Seekor kucing yang berbulu sedang perlu menyikatnya secara berkala agar tampak rapi dan bersih. Seekor kucing yang berbulu panjang, Anda perlu menyikatnya setiap hari atau dua hari untuk tetap bersih dan sehat.

5. Jangan langsung menolak kucing yang mencoba untuk menggaruk atau menggigit Anda. Jika Anda tidak pernah memiliki kucing sebelumnya, Anda mungkin tidak menyadari tentang bagaimana untuk menangani mereka dengan benar. Setiap kucing memiliki suka dan tidak suka terhadap orang baru yang datang. Selain itu, mungkin kucing tersebut hanya ingin bermain.

Baca Juga  Jenis-Jenis Kucing Kampung

6. Mintalah untuk memegang kucing yang Anda suka. Jika kucing tersebut menolak, janganlah memaksanya. Beberapa kucing memiliki rasa sayang yang tinggi, kadang ia tidak suka dengan orang baru. Jika ia menjauh dari Anda, bukan alasan untuk tidak mengadopsi mereka. Kucing juga mungkin takut orang. Jika Anda mengadopsi mereka, Anda akan perlu untuk membantu mereka terbiasa dengan orang.

7. Periksa kucing dari hidung hingga ke ekornya untuk melihat apakah ada tanda-tanda penyakit. Hal yang diperhatikan:

  • Mata – terang dan bebas dari bintik-bintik penyakit.
  • Hidung – bersih dan tidak bersin secara berlebihanTelinga – bersih dan tidak bau.
  • Tubuh – lihatlah di ketiak dan di perut untuk tanda-tanda apakah ada kutu.
  • Bokong – bersih dan tidak memiliki tanda-tanda diare atau cacing.
  • Dada – pernapasan harus terdengar jelas dan tidak sesak.

8. Periksa apakah ada tanda-tanda diare di kandang atau di tempat kotorannya.

9. Jika kucing yang akan diadopsi dari tempat penampungan, mereka harus diperiksa apakah terinfeksi virus, sebelum membawanya ke rumah yang telah dihuni kucing lain, untuk mencegah penularan.

10. Pastikan Anda mampu merawat kucing. Makanan dan merawat kucing tidaklah gratis, biaya perawatannya dapat bertambah secara signifikan dari waktu ke waktu. Sangat penting, menetapkan anggaran Anda dan memastikan Anda dapat membayar biaya perawatan memiliki kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *