Cara Merawat Kucing Persia yang Baik dan Benar

Posted on

Cara merawat kucing persia yang baik dan benar adalah tidak sesulit yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan kucing persia merupakan salah satu favorit di kalangan cat lovers. Mulai dari tingkahnya yang lucu, bulunya yang indah dan lebat, bentuk hidungnya yang lucu, hingga matanya yang bening membuat pecinta kucing menyukainya. Apalagi kalau melihat kucing anakan, mereka sangat lucu dan menggemaskan. Kucing persia memang sangat ideal untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Karena wajahnya juga imut-imut dan bulunya yang sangat lembut, mereka juga sangat manja.

Memang mereka perlu perawatan khusus untuk membuat bulunya tetap sehat dan indah. Dan butuh perhatian lebih, tapi hasilnya sebanding dengan apa yang diperoleh. Jika maksimal, akan menghasilkan kucing persia yang cantik, bersih dan sehat. Berikut adalah cara merawat kucing persia yang baik dan benar, demi menjaga keindahan fisik dan kesehatannya:

1. Perhatikan makanan dan minuman kucing
Pilih makanan kering karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing. Ganti setiap hari tempat makan dan minumnya pastikan dalam kondisi yang bersih. Untuk air minum, gunakan air matang untuk menghindari resiko diare pada kucing persia kesayangan kita.

Obesitas pada kucing bisa dihindari dengan pemberian takaran makanan yang tepat. Pola makan kucing adalah sedikit tapi berulang kali. Jadi ada baiknya kita tidak langsung memberikan makanan dalam porsi yang sekaligus banyak. Karena pakan kering yang sudah lembab biasanya tidak terlalu diminati lagi oleh kucing. Kucing yang mengandalkan indra penciumannya lebih memilih makan yang segar, kering dan berbau harum.

2. Perhatikan kebersihan wajah dan kuku
Banyak kucing Persia memiliki masalah dengan saluran air mata mereka. Kucing dengan masalah ini cenderung banyak mengeluarkan air mata. Jika ini yang terjadi, pastikan untuk membeli tisu mata yang sesuai untuk membersihkan mata mereka. Jika tidak dibersihkan setiap hari, bulu disekitar mata bisa kotor ,berwarna kecoklatan bahkan menyebabkan iritasi.

Baca Juga  Karakteristik Kucing Lucu | Kucing Lucu Online

Merawat dan membersihkan telinga kucing persia juga harus dilakukan rutin, minimal setiap hari kita cek apakah telinganya dalam keadaan bersih atau banyak terdapat earmite.

Kucing yang memakan pakan kering biasanya tidak terlalu bermasalah pada gigi. Karena potongan-potongan makanan kering di dalam mulutnya berfungsi juga untuk membantu dirinya membersihkan gigi. Sementara kucing yang kerap menerima pakan basah, cukup rentan untuk mendapatkan masalah gigi. Karang gigi yang berwarna kecoklatan ,dan gusi yang memerah adalah tanda bahwa kucing harus segera dibersihkan giginya.

Kuku kucing jika dibiarkan akan meruncing dan tajam. Perawatan dengan memotongnya perlu dilakukan, biasanya dalam dua minggu setelah pemotongan terakhir kuku kucing sudah mulai panjang dan meruncing kembali.

3. Periksa kesehatannya
Vaksinasi wajib dilakukan untuk mencegah virus berbahaya menjangkit kucing kita. Idealnya, vaksin pertama dilakukan ketika kucing sudah berusia dua bulan dengan berat badan yang cukup dan kesehatan yang baik. Vaksin kedua merupakan booster/ penguatan dari vaksin pertama, dilakukan sebulan setelah vaksin pertama. Dan untuk selanjutnya kucing wajib vaksin setiap tahunnya.

Jangan lupa untuk memberikan obat cacing bagi kucing kita. Terkadang kucing yang cacingan tidak terdeteksi oleh kita, dan kemudian kita baru mengetahuinya setelah cacing-cacing keluar dari kotoran si kucing. Hal yang demikian bisa dikatakan cukup terlambat. Jadi kita harus mencegahnya dengan rutin memberikan obat cacing . Pemberian obat cacing biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pastikan kucing dalam kondisi sehat ketika memberikan obat cacing.

Jangan lupa untuk langsung ke dokter hewan jika terjadi gejala sakit pada kucing kita. Bukan karena harga kucing yang mahal, melainkan karena ia adalah makhluk hidup yang harus kita sayangi.

Baca Juga  Informasi Tentang Kucing Persia Dan Kucing Siam

4. Grooming kucing (memandikan, menyisir dan mengeringkan bulu)
Kucing persia harus rutin dimandikan. Jadwal seminggu sekali, adalah pilihan yang tepat untuk merawat bulu panjang kucing persia yang kita miliki. Mandikanlah dengan menggunakan shampo yang tepat sesuai dengan kebutuhan bulu si kucing. Segera keringkan kucing dengan blower atau minimal hairdryer.

Sangat penting menyisir kucing persia setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar bulu-bulu mati dapat terangkat dan tidak menjadi kusut kemudian gimbal. Bulu mati yang kita biarkan adakalanya tertelan oleh si kucing ketika dia melakukan grooming untukdirinya sendiri, sehingga berakibat hair ball. Selain itu, proses grooming ini juga menjadi ajang untuk mendekatkan secara emosional antara pemilik dan kucingnya. Usahakan untuk selalu grooming sendiri kucing-kucing kita.

5. Jaga kebersihan kandang dan bak pasir
Bersihkan kandang dengan menggunakan cairan pembersih. Cara pemakaiannya dengan dilarutkan terlebih dulu ke air dan digunakan untuk menyemprot ke seluruh area kandang dan di pel hingga bersih. Biarkan kering terlebih dulu, baru kucing-kucing dimasukkan kembali ke kandang.

Bak pasir perlu di cek. Secara naluri, kucing akan mengubur kotorannya sendiri.Untuk kucing yang sehat, dia akan rutin buang air besar dan kecil setiap harinya dengan intensitas dan bentuk yang normal. Oleh karena itu, sangat baik jika satu kucing, memiliki satu bak pasir miliknya sendiri sehingga kita mudah untuk mengontrolnya. Isi bak kotoran dengan pasir yang cukup .

6. Cek suhu dan kelembapan ruangan
Suhu dan kelembapan ruangan ternyata sangat mempengaruhi kesehatan kucing. Terutama kucing persia yang memiliki bulu panjang. Suhu yang dingin akan membantu bulu nya tumbuh maksimal, dan kelembapan yang ideal akan mematikan bakteri-bakteri yang terdapat di dalam ruangan. Pastikan suhu di 20-24 derajat celcius, dan kelembaban di 40%-50%.

Baca Juga  Agar Kucing Persia Tumbuh Sehat

7. Berikan tempat/alas tidur yang nyaman
Kucing persia senang sekali bermalas-malasan, sebagian besar waktu nya dihabiskan untuk tidur. Jadi memberikannya alas/karpet yang nyaman untuk dia tidur sangat berarti untuknya. Berikan alas kandang atau tempat tidur yang nyaman.

8. Ajaklah mereka bermain
Kucing termasuk hewan yang suka bermain. Mereka penasaran dengan sesuatu yang berisik dan bergerak-gerak. Kemudian mengejarnya. Kucing dewasa seringkali mengejar bola tenis yang dipukul anak-anak melintasi halaman, khususnya bila ia melompat. Bagi kucing, bola itu tampak seperti tikus yang melompat-lompat. Gunakan satu gerakan pada saat tertentu, dan berhentilah ketika kucing kehilangan minat.

Kucing anakan lebih senang bermain daripada kucing dewasa. Pilihlah waktu dan hari dimana kucing tampak senang bermain, hal ini untuk mendorong perilaku senang bermainnya dan anak kucing akan sangat senang. Berikanlah mainan yang tidak membahayakan. Kucing yang aktif bermain akan menjadikan badannya sehat dan padat, tidak obesitas, dan berlebihan lemak.

9. Jaga hubungan baik dengan cat lovers lain
Terkadang kita mempunyai kendala dalam merawat kucing kesayangan. Jangan sungkan untuk bertanya ke breeder atau cattery tempat kita adopsi kucing. Cattery yang bertanggung jawab akan selalu membimbing adopternya dengan memberikan saran-saran yang baik. Karena itu, jaga hubungan baik dengan cattery tempat kita adopsi kucing.

Itulah artikel tentang cara merawat kucing persia yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *