7 Cara Ampuh Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Posted on

7 cara ampuh mengatasi kucing tidak mau makan, sebagaimana diketahui bersama, dengan makan dan minum, hewan peliharaan akan mendapatkan asupan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh mereka. Itulah mengapa, apabila tidak makan dalam waktu lebih dari 24 jam maka akan menyebabkan penurunan kondisi tubuh. Tiap catlover pasti menginginkan hewan kesayangannya terlihat berisi dan tampak lincah bermain kesana-kemari. Perasaan gemas dan senang membuat hati begitu bahagia.

Namun semuanya akan berbalik menjadi menyedihkan ketika diketahui bahwa ada virus yang menyerang kucing lucu Anda. Biasanya akan mengalami peningkatan suhu badan menjadi panas, kemudian selera makan hilang. Pada saat inilah, harus banyak minum agar bisa tersaring dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Urin yang keluar akan membawa banyak racun dan juga virus. Semakin banyak minum dan mengeluarkan air seni, maka membuat sedikit lebih sehat.

7 Cara Ampuh Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Ketika kucing lucu kesayangan Anda tidak mau makan, tentu akan membuat kepikiran. Sudah pasti menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi catlovers. Kekhawatiran ini terjadi karena pemiliknya tidak mengharapkan kesehatan kucing terganggu karena kurangnya asupan gizi dan vitamin. Penanganan terbaik untuk kucing tidak mau makan adalah mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kucing tidak mau makan:

1. Makan Sedikit Tapi Sering
Cara mengatasi kucing tidak mau makan yang pertama adalah menawarkan makanan dalam jumlah kecil dengan jarak waktu yang sering. Jika kucing sedang sakit, maka cara yang paling baik adalah menawarkan makanan dalam porsi lebih kecil, namun lebih sering. Menawarkan sedikit makanan setiap 3 jam sekali adalah cara yang ideal.

2. Beri Makanan Kesukaan Kucing
Hal yang paling mudah dilakukan yaitu mencoba untuk memberikan makanan yang biasanya paling disukai oleh kucing tersebut. Makanan yang disukai biasanya dapat membantu mengembalikan nafsu makan. Pemiliknya juga dapat memberikan makanan dengan aroma yang disukai oleh kucing. Aroma makanan merupakan stimulator nafsu makan pada kucing. Kucing kehilangan nafsu makan bila ia tidak dapat mencium aroma makanan dengan baik akibat menderita pilek.

Baca Juga  Kebutuhan Makanan Kucing berdasarkan Umur

3. Coba Ganti Makanan
Kadang-kadang kucing yang sakit tidak suka makan makanan yang biasanya dan harus diberikan sesuatu yang berbeda agar mereka lebih tertarik untuk makan. Dengan mengganti merek atau rasa makanan, Anda mungkin bisa membujuk kucing agar tertarik untuk merasakan makanan. Jika kucing sakit, maka sedikit makanan bisa membuat perbedaan.

4. Makan Bareng Kucing Lain
Cara mengatasi kucing tidak mau makan selanjutnya adalah cobalah untuk memberi makan secara bersamaan dengan beberapa kucing lain sehingga menciptakan adanya elemen kompetisi. Biasanya sih akan terpancing untuk ikut berebut makanan dengan kucing-kucing lain.

5. Panaskan Makanan
Bila kucing mengalami hidung tersumbat, ia akan berhenti makan karena dua alasan: tidak bisa mencium makanan dan sulit makan dengan hidung yang tersumbat. Coba panaskan makanan sebentar (tidak lebih dari 30 detik di dalam microwave) lalu sajikan. Pemanasan akan meningkatkan aroma makanan dan kemungkinan besar merangsang nafsu makan kucing untuk memakannya. Makanan hangat rasanya juga lebih enak.

6. Berikan Asupan Vitamin B
Vitamin B memainkan peranan penting dalam menjaga nafsu makan. Jika tingkat vitamin B, khususnya kobalamin, terlalu rendah di dalam dinding usus atau di dalam aliran darah, maka nafsu makan kucing bisa menurun. Vitamin B mudah diberikan dengan suntikan vitamin B di bawah kulit sebanyak empat kali seminggu. Dosisnya adalah 0,25 ml diberikan dengan suntikan di bawah kulit setiap empat minggu sekali.

7. Berikan Obat Perangsang Nafsu Makan
Cara mengatasi kucing tidak mau makan yang terakhir adalah memberikan Mirtazapine, merupakan obat yang memiliki efek perangsang nafsu makan pada kucing. Ukuran tablet terkecil yang tersedia adalah 15 mg dan dosis per kucing adalah 3,5 mg, sama dengan seperempat tablet. Untuk kucing anakan dengan berat kurang dari 1 kg, maka sangat sulit untuk menentukan dosis yang tepat dan Anda bisa memberikan tablet yang sudah dihancurkan. Dosis ini bisa diulang setiap 3 hari sekali.

Baca Juga  Kucing Terkena Gigitan Ular? Begini Cara Perawatannya

Bawalah kucing ke dokter hewan jika ia tidak mau makan lebih dari satu hari. Jika Anda membujuknya untuk makan lagi, tunggulah sejenak ketika ia sudah makan dengan kenyang sebelum memberi makan lagi. Jika Anda terlalu banyak memberi makan, maka akibatnya bisa muntah dan merasa lebih sakit dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *